OpenID apakah itu?

Kotak comment openID sering kita lihat saat kita membuat comment di blogger. Namun, biasanya kita jarang sekali menggunakan openID ini, ya biasanya hanya menggunakan URL langsung ke blog/situs atau memakai account blogger. Beberapa hari yang lalu saya coba akses login ke sebuah situs yaitu http://www.twitterfeed.com tapi ternyata yang diminta adalah memakai openID. Kemudian saya cari beberapa provider penyedia openID ini. Hampir semua provider ini adalah penyedia account openID yang gratis yaitu http://www.myidnet.com, http://www.myopenid.com, http://www.pip.verisignslabs.com, http://www.myvidoop.com dan http://www.claimid.net. Sebetulnya banyak situs lain yang memakai openID untuk login ke websitenya, bahkan sebetulnya account blogger sendiri adalah sebuah openID. Ok, ada baiknya kalau kita bahas saja tentang openID ini.

Apakah yang dimaksud dengan openID?

OpenID dibuat dengan maksud untuk mengeleminasi atau menghilangkan kebutuhan multiple user name yang dapat digunakan untuk diberbagai website, tujuannya adalah untuk mempermudah saja. Kita bisa memilih openID provider sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Disini teknologi OpenID adalah teknologi yang sepenuhnya gratis. Untuk bisnis jelas akan memperkecil cost untuk password dan manajemen account. Untuk kebutuhan lain openID juga telah menggunakan teknologi (URI, HTTP, SLL, Diffie-Hellman). Saat ini openID masih dalam fase adoption dan populer digunakan untuk organisasi besar seperti AOL, Microsoft, Sun, Novell. Diperkirakan ada 160 juta account OpenID saat ini.

Siapa yang memiliki dan mengontrol openID?

OpenID muncul sebagai open source untuk mengatasi sebuah masalah, dan oleh karena open source jadi openID tidak dimiliki oleh siapapun. Open source bisa dikembangkan terus oleh user ataupun organisasi yang membutuhkannya tanpa harus membayar lisensi. Namun, ada yang dianggap sebagai bapak OpenID yaitu Brad Fitzpatrick.

Bagaimana cara mendapatkan openID?

Sebetulnya untuk pengguna blogger juga sudah punya openID tanpa membuat lagi. Kalau rekan-rekan disini menggunakan servis ini berarti bisa memakai openID ini (huruf yang diwarnai merah adalah user name OpenID nya) :

AOL : openid.aol.com/screenname

Blogger : blogname.blogspot.com

Flick : http://www.flickr.com/photos/username

Livedoor : profile.livedoor.com/username

Livejournal : username.livejournal.com

SmugMug : username.smugmug.com

Technorati : technorati.com/people/technorati/username

Vox : member.vox.com

Yahoo : http://openid.yahoo.com

WordPress.com : username.wordpress.com

Nah selain itu, ada provider yang memang khusus memberikan services untuk openID ini yaitu http://www.myidnet.com, http://www.myopenid.com, http://www.pip.verisignslabs.com, http://www.myvidoop.com dan http://www.claimid.net. Nah, kalau kita buat account openID di provider ini maka kita akan mendapatkan user name dan password khusus dari situs ini. Selain itu, memang situs-situs ini hanya khusus menyediakan jasa membuat openID saja. Ok, sepertinya cukup jelas nih penjelasannya. Thanks n wassalam…

Posted on Mei 21, 2011, in Social media and tagged . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. Terimakasih artikelnya. Mampir ke sini juga ya.. See you..

  2. gmana cara bikin openID

  3. Hehehe… baru tau nih, thx infonya🙂

  4. pakai alamat blogku juga bisa open id bos!
    makasih infonya live jurnal aku pakai

  5. mantap…
    berarti kalau sudah punya akun blogger apakah itu sekaligus sebagi open id..

    terimakasih atas infonya.

  6. Ouh jadi tau mksd openid,, makasih sob artikelnya urutan 1 di mbah google. ehhehee mantapp

  7. kalo cara komentar pakai url pribadi gmana?

    Contohny saya punya url namasaya.com

    Mohon bantuannya,

  8. kalau untuk mengganti avatar di open id bloger bagaimana yaa caranya mas?

  9. Apakah komentar dengan openID termasuk backlink?

  10. baru tau yang dimaksud open id tuh seperti itu, tks atas penjelasannya.

  11. kunjungi blog gw juga ya.

  12. Jangan lupa mampir ke blog saya juga di cerita-misteri.reunion.web.id

    Saya mau berak dulu ya. wkwkwkwk😀

  13. Gan, klo blogku ini klo di pasang open id ikut mana bos? ane bingung cz masuk ke openid.net harus bayar…😀

  14. mantap gan.. ini yang aku cri🙂

  15. Terima kasih atas informasinya.

  16. Nice posting gan………

    bahodesign.blogspot.com

  17. thankz infonya gan………

  18. wah keren gan tulisannya, ijin ninggalin jejak
    Thanks infonya gan😉

  19. cara make dr blogspot itu kyk apa?
    thanks

  20. terimakasih gan.. sangat membantu🙂

  21. Wahh terimakasihh Infonya😉

  22. Klik
    http://kartunwebsite.buditriplesetiawan.net
    Free Download Software & Ada Informasi” Menarik Tentang Dunia IT

  23. jadi seperti itu ya OpenId… makasih sob udah share, jadi ngerti sekarang🙂

  24. gmn cara daftarnya bro ane dah coba tetep g bisa

  25. oke gan good post
    sukses terus blognya gan

  26. Hehe baru tau,ternyata yg disebut openID seperti itu,,thanks masta

  27. After looking over a number of the blog articles on your web
    page, I truly appreciate your way of writing a blog.
    I saved as a favorite it to my bookmark website list and will be checking back soon.
    Please visit my website as well and tell me your opinion.

  28. Inspiring quest there. What happened after? Good
    luck!

  29. Terima Kasih gan atas informasinya

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: