Ayo Kita Ngehack: AdvanceMap Tutorial (part 1)

PENTING! Direkomendasikan kalian harus membackup ROM yang akan kamu hack! Pembuat tutorial dan juga pembuat tools tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan ROM yang terjadi.


Saya menggunakan AdvanceMap 1.92 yang bisa didapatkan di:
Official AM Thread
Official AM Website

MEMBUAT MAP BARU
Tips: Untuk pake grid atau gak mau pake grid, tekan Alt+F4, maksud saya Ctrl+G. (Jangan teken Alt+F4!)

1. Pertama-tama, kita harus buka puasa dulu. Setelah buka puasa, kita buka pintu, setelah itu kita buka (apalagi ya? kehabisan akal) ROM-nya. Di sini saya menggunakan Ruby.
Sebagai catatan, ROM Ruby adalah ROM yang paling compatible untuk banyak tools dan ROM FireRed adalah ROM yang paling sering digunakan oleh para hacker.

2. Lalu buka map manapun yang ada di folder “From header”.
Sebagai informasi, angka di dalam kurung adalah (ANGKA_BANK.ANGKA_PETA)

3. Lalu ke File > Map… > New map

4. Isikan nama map
5. Set width (lebar) & height (tinggi) nya:

  • Untuk ruangan biasanya, lebar 13, tinggi 10
  • Untuk kota kecil (town) biasanya, lebar 24, tinggi 20
  • Untuk kota besar (city) biasanya, lebar 48, tinggi 40
  • Untuk hutan biasanya, lebar 54, tinggi 69
  • Untuk goa biasanya, lebar 48, tinggi 40
  • Tetapi untuk membuat hack-mu unik, gunakanlah ukuranmu sendiri

6. Set tileset 1 & 2:
Untuk Pokémon Ruby, direkomendasikan tileset 1 adalah “0” dan tileset 2nya adalah “1”. Jika kalian ingin mencoba lainnya, boleh, eksperimen sendiri ya…

7. Buatlah mapnya sesuai keinginan kalian dengan tileset yang ada di sebelah kanan, abis itu belok kanan lagi, terus belok kanan lagi, lalu tanya tukang ojek di sana. Kata tukang ojek juga di kanan.

Setelah selesai membuat map-nya, sekarang kita akan menekan Alt+F4!
Jangan! Sekarang kita akan memasukkan map yang telah kita buat tadi ke dalam ROM!

Berikut ini adalah map kecil yang telah saya buat (jelek ya?)Kita akan memasukkannya ke dalam RAM. Oh gak bisa, kalo gitu ke dalam ROM!

8. Ke File > Map… > Insert map

9. Lalu kita melihat ada 3 opsi.

  1. Replace, replace adalah menimpa dari map yang sudah ada. Masih ingat angka dalam kurung itu apa? Jadi isikan “Bank” dengan angka bank dan “Map no” dengan angka peta. Jika ingin menimpa Kota Akarkecil (Littleroot Town), maka isikan Bank: 0 dan Map no: 9.
  2. Insert, insert adalah memasukkan map yang telah dibuat ke angka map yang masih kosong di bank tertentu, namun karena tidak ada map kosong, maka Insert di-disable.
  3. Create and insert, dengan cara ini kita membuat map kosong baru lalu ditaruhlah map yang kita buat tadi ke dalam map kosong tersebut. Caranya adalah pilih bank mana yang ingin dibuat map baru, lalu “Number of reserved new maps” adalah jumlah map yang akan kita buat, biarkan tetap 1.

PERINGATAN! UNTUK LATIHAN, JANGAN ME-REPLACE LITTLEROOT TOWN, SEBAB AKAN ANEH KETIKA KITA NEW GAME PERMAINAN. COBA AJA SENDIRI KALO GAK PERCAYA.


10. Setelah itu kita mendapat info “The map was succesfully registered…”, maka kita melihat map kita telah masuk ke ROM dengan nama yang sama dari hometown (RSE=Littleroot, FRLG=Pallet).

MENGUBAH HEADER MAP
Sekarang kita akan mengubah header map, di sini kita dapat mengganti nama map, musik yang berjalan, dan masih banyak lagi. Mari kita mulai.

1. Klik tab “Header” yang ada di atas gambar map (lihat gambar)
2. Setelah diklik, kita mendapatkan adanya tulisan-tulisan yang sangat tidak dapat dimengerti (pasti demikian karena berubahnya yg tadinya gambar menjadi tulisan, otak kanan ke otak kiri). Berikut dalam gambar penjelasnnya.
3. Ganti nama. Ketik nama yang diinginkan di atas tombol “Change Name”, ganti dropdown “Show name on entering” menjadi Show Name jika ingin menampilkan nama mapnya pada game. Show village name dan Show city name hanya berlaku di Pokémon Emerald. Setelah itu kita klik “change Name”, dan namanya pun terganti! (Tadi namanya Neshia Town, khusus untuk POIN menjadi POIN Town) HORE!. Sebenarnya ada fitur menambahkan nama map, entah mengapa fitur ini di-disable.


4. Ganti musik. Pada dropdown list, pilih musik yang diinginkan. Saya memilih Saffron City-nya Gold/Silver, kok ada? gak tau… Untuk “Cave”, biarkan reguler karena saya tidak membuat goa. Tipenya town atau “village”. Cuaca (weather) nya, reguler aja. Fight type, random.

5. Map script akan dijelaskan nanti di tutorial scripting.
6. Lainnya mungkin sudah tahu. Atau belum? Kalo belum, coba aja sendiri, pasti akan tahu.

MOVEMENT PERMISSION
Mungkin kalo udah gak sabar pengen nyobain, jadinya aneh. Kita bisa jalan menembus rumah dan pohon! KITA HANTU!!! atau mungkin kayak cheat walk through walls (saya melarang keras pengunaan cheat)? Oke, oke. Ini karena MOVEMENT PERMISSION (pengizinan pergerakan). Untuk memulainya, saya akan membahas nilai-nilai hexadesimal yang ada di kanan. Kalo gak tau hexadesimal apaan, saya akan mengganti kata-katanya menjadi “saya akan membahas angka-angka dan huruf-huruf berwarna-warni yang ada di sebelah kanan”.

  • C = Jalan secara normal. Ini adalah yang biasa kita gunakan agar kita dapat berjalan di tile tersebut. Dipakai di rumput, aspal, pasir, dll.
  • 1 = Obstacle. Kita pake buat tembok, pohon, batu, dll. agar kita tidak dapat berjalan melewatinya. Note: Gunakan juga pada pintu rumah/gedung, tapi jangan pada pintu masuk goa.
  • 4 = Surf. Kita pake buat air.
  • D = Untuk lompatan. (yang kayak garis lurus yang bisa lompatnya ke bawah, gak bisa ke atas)
  • 10 = Perbedaan tinggi. “C” tingginya 2, sedangkan “10” tingginya 3.
  • 0 = Dapat melewati perbedaan tinggi. Dipakai pada tangga. Dengan susunan “C 0 10” maka kita dapat berjalan dari C, melewati tangga di 0, dan berhenti di tempat tinggi 10.

Setelah mengetahuinya, tempelkan saja sendiri huruf-huruf atau angka-angka tersebut ke map, maka map pun akan terlihat profesional! (enggak sih)

Sampai situ dulu ya…

Posted on Juni 2, 2011, in GBA PC, Pokemon and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: