Ayo Kita Ngehack: AdvanceMap Tutorial (part 2)

PENTING! Direkomendasikan kalian harus membackup ROM yang akan kamu hack! Pembuat tutorial dan juga pembuat tools tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan ROM yang terjadi.

Untuk part 1, KLIK DISINI.

MEMBUAT PINTU (WARP)
1. Ke tab “Event”
2. Lalu kita lihat di sebelah kanan paling bawah ada “Amount of events”. Di sini kita dapat menambahkan orang, pintu, signpost, dan script. Berhubung kita pengen nambahin pintu, ketik jumlah pintu yang diinginkan pada “Number of warps”. Berhubung saya pengen buat 4, jadi ketik 10. Ya 4 lah… Setelah itu, klik “Change events”.

3. Lalu klik fotonya Brendan yang lagi gaya yang ada di atas kiri. Sebenarnya ini fungsinya untuk mengganti event dari orang menjadi huruf.

4. Lalu terlihat ada huruf dengan warna latar. Warp adalah huruf “W” dengan latar ungu.
Pindahkan huruf “W” tersebut ke pintu-pintu yang ingin diberi warp. Lihatlah punya saya!
Huruf “F” dengan latar merah apaan?
Itu adalah posisi fly. Jadi kalo Fly ke kota ini, pas turun dari fly bakalan turun di situ. Namun tidak ada cara untuk menambahkan posisi Fly. Satu hal, JANGAN MENGOTAK-ATIK “F” INI! KECUALI MEMINDAHKAN POSISINYA.

5. Klik salah satu huruf “W” tadi, lalu lihat di sebelah kanan. Di atas ada “No”, ini adalah nomor warp. Kita juga harus fokuskan ke “To warp no”, “Map bank”, dan “Map”. Di sinilah kita set pintu ini akan keluar ke mana. Jadi saya akan membuat pintu yg di gambar ke rumah karakter [POIN TOWN (1.0)]. Yang ada di Folder “From header/1”. Selain Nomor Bank, “1” juga adalah nomor header. Ingat itu!. Lalu klik huruf “W” yang mana yang akan dijadikan pintu keluar dari map utama tadi, jika bertumpuk, pindahkan saja salah satu huruf ke tempat lain tapi jangan lupa mengembalikannya ke tempat semula. Lihat nomor warp di sebelah kanan. Di gambar, warp tersebut adalah nomor 1.
6. Kembali ke map utama, lihat kembali warp yang ingin kita pasang tadi, lihat di sebelah kanan, isikan “To warp no” dengan nomor warp di warp tujuan tadi (punya saya adalah “1”). Isikan “Map bank” dengan angka bank ruangan yang dituju, dan isikan “Map” dengan angka peta yang dituju, jadi saya akan menuju rumah karakter utama pada (1.0) yang berarti “Map bank: 1” dan “Map: 0”.


7. Coba klik “Goto”. Jika warp-nya menuju tujuan dengan tepat, maka SELAMAT, anda telah berhasil membuat warp. Jika tidak, maka coba baca tutorialnya lagi dan cek dimana salahnya.
8. Jangan lupa untuk melakukan hal ini di dalam rumah. Jadi, kalo di dalam rumah, di warp di pintunya saya isi “To warp no: 0”, “Map bank: 0”, dan “Map: 9”. Juga jangan lupa lakukan pada warp lainnya.


MEMBUAT ORANG (EVENTS)

1. Ke tab “Events”
2. Lalu kita lihat di sebelah kanan paling bawah ada “Amount of events”. Di sini kita pengen nambahin orang, ketik jumlah orang yang diinginkan pada “Number of person even”. Berhubung saya pengen buat 4, jadi ketik 4. Setelah itu, klik “Change events”.

3. Lalu klik fotonya Brendan jika eventnya berbentuk huruf-huruf (orang = P latar hijau).
4. Kita lihat ada Brendan (kalo di RSE) di paling atas kiri pada map. Pindahkan Brendan-Brendan tersebut ke tempat yang diinginkan.

5. Klik pada salah satu Brendan dan fokuskan pandangan anda ke sebelah kanan dari jendela AdvanceMap, maka anda akan tertidur (ini akan berhasil jika anda sedang ngantuk). Oke, kembali ke kenyataan. Fokuskan pandangan ke sebelah kanan, terlihat “Person event no”, “Picture no”, “Unknown”, “Pos (X/Y)”, “Unknown” lagi, “Movement type”, “Movement”, “Unknown” lagi (kali ini ‘unknown’ membuatku benar-benar marah!), “Trainer”, “Unknown”
LAGI! *ngambil pisau*, “View radius”, “Script offset”, “Person ID”, dan LAGI-LAGI “Unknown”! *nusukin pisau ke unknown dan akhirnya unknown pun tewas*.
Oke, lebih baik dijelasin dulu.

  • Person event no: Sangat berguna pada scripting.
  • Picture no: Mengganti gambar orangnya. Coba aja sendiri.
  • Unknown: Yang bikin toolnya aja gak tau, apalagi gue.
  • Pos (X/Y): Posisi orang dalam koordinat.
  • Unknown: Bodo amat….
  • Movement type: Tipe pergerakan, jadi ini buat bikin tuh orang jalan-jalan sendiri dan jalannya kayak gimana.
  • Movement: Jumlah langkah terbanyak yang bisa ditempuh orang tersebut.
  • Unknown: Tau ah….
  • Trainer: Untuk mengecek apakah orang tersebut trainer. Jika iya, maka centang.
  • Unknown: …
  • View radius: Jarak pandangan si orang. Sangat berguna buat trainer yang biasa datengin karakter utama pas dia ngelihat karakter.
  • Script offset: Tempat script si orang yang ada dalam ROM.
  • Person ID: Sangat berguna untuk script setflag ataupun clearflag.
  • Unknown: Ya ampun………….


6. Setelah mengerti, maka siap untuk melanjutkan. Ganti gambar orang-orangnya supaya bukan Brendan.

7. Set movement type-nya sendiri. Eksperimenlah!

Oke, orangnya sudah. Sekarang kita bikin script sederhana!
Kalo gak bikin scriptnya bakalan aneh dan juga mungkin bisa bikin ngefreeze.

Kita butuh XSE! Dapat didonlot di berikut:

Official HackMew’s Tools Thread
Mirror (iFile.it)

Mirror (MegaUpload)

Setelah didonlot, ayo kita bikin XSE sebagai script editor utama kita!
1. Di AdvanceMap, ke Setting > Choose script editor. Ok aja, terus pilih XSE sebagai script editor.
Saatnya scripting.
Kita akan bikin orangnya ngomong biasa kayak yang kak L bikin.

1. Buka XSE
2. Ke File > Open… > Buka ROMnya.
3. Ketik kata-kata berikut di XSE:

Code:
#dynamic 0x800000

#org @mulai
lock
faceplayer
msgbox @pesan 0x6
release
end

#org @pesan
= Wow! Tutorial hack di CLUBZKY yang\npertama!

Penjelasan:

  • #dynamic 0xoffset = Mencari offset kosong dimulai dari offset yang tertulis.
  • #org @mulai = Script dimulai.
  • lock = Mengunci event agar tidak bergerak.
  • faceplayer = Agar orang yang ngomong ngelihat kita.
  • msgbox @label 0xtipe = Kata-kata orang yang ada pada @label dan bertipe 0xtipe (0x6 = normal).
  • release = Membuka kunci ‘lock’ yang tadi.
  • end = Akhir dari script.
  • #org @label = Label target di sini.
  • = Pesan = Pesan yang akan muncul ketika kita berbicara pada orang tersebut. (Kalian boleh mengubahnya dengan cara hapus pesan yg saya tulis sampai sama dengan (=), lalu tekan Ctrl+T di XSE dan tulis pesan yang kalian inginkan.)

4. Setelah itu klik gambar gear yang ada di atas.5. Klik “Copy”
6. Ke AdvanceMap, cari dan klik orangnya, lihat di “Script offset” di sebelah kanan, hapus angkanya (jangan hapus tanda “$”), lalu Paste.
7. Save. Dan selesai! Coba kita buka ROMnya.

Posted on Juni 2, 2011, in GBA PC, Pokemon and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Kk kok aku mbuat scriptnya gk bisa terus malah jadi kaya di penjual pokemart , , tapi kalo di pencet buy / sell , , malah nge freeze

  2. Apa gak malu copas artikel orang terus diklaim sebagai buatan sendiri?

  3. Article writing is also a fun, if you be familiar with then you can write if not
    it is difficult to write.

  4. We are a gaggle of volunteers and starting a new scheme in our community.

    Your web site offered us with helpful info to work on.
    You’ve performed an impressive task and our whole group shall be thankful to you.

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: