Cara Mudah Menerjemahkan Komik Dengan Bantuan Photoshop

Alat dan Bahan (?) :

Sekarang, akan saya jelaskan alat-alat yang dibutuhkan :
Adobe Photoshop CS3 ( kayaknya sih pake versi lain juga bisa )
Komiknya ( sebelum di translate, bisa berbahasa Inggris / China / apalah )
Otak ( Nerjemahin komik pake otak, kalo cuma google translate, kurang enak bahasanya, jadi harus pintar pakai bahasa sendirišŸ˜„ )
Sabar, Do’a, Niat, dll….. o_o

Step / Langkahnya :

1. Buka Photoshop
2. Klik File -> Open, buka komiknya.. contohnya seperti ini :

Contoh gambarnya dari volume 15 Chapter 181, klik disini
lalu klik kanan + save as untuk mendownloadnya.


3. Hapus tulisannya, bisa pake Eraser Tool (E) / Rectangular (M) + delete
note : kalo nggak keliatan, klik View -> Actual Pixels di Photoshopnya
Kalo sudah selesai, hasilnya pasti seperti ini :

4. Klik Horizontal Type Tool (T) yang bentuknya kayak huruf T, trus bikin kotak di kotak dialognya dengan klik + drag. hasilnya :

Untuk kali ini, saya sarankan pake Actual View (View -> Actual View) biar lebih jelas


5. Ketik tulisannya, dan hasilnya akan jadi seperti ini :

Tulisan yang saya pakai adalah Wild Words, tolong cari sendiri di google yašŸ™‚
Dan jangan memaksakan tulisan, gunakan enter jika tulisannya gak cukup buat 1 baris


6. Ok, kalau sudah bagus, sekarang cara penempatannya.
Agak jauhkan mousenya dari kotak teksnya, sampai bentuknya seperti ada tanda + nya.

Klik dan Drag sampai teks nya berada di tempat yang tepat (agak ketengah maksudnya).
Ok, gunakan cara yang sama untuk teks berikutnya. Hasilnya akan jadi seperti ini :

Lihat bagian yang ku tandai kotak merah? Itu adalah layernya.
Jika kalian ingin mengganti teksnya, double click pada huruf T nya.


7. Ok karena sudah tidak ada lagi kotak dialog yang perlu di isi, sekarang tinggal mengedit gambar dan tulisannya, contohnya seperti membuatnya gambar lebih tebal / kereng (?).


Pertama-tama, jika gambarnya terlalu terang / abu-abu,
pilih Background pada layers, dan pilih Image -> Apply Image
Ingat, pada Layer, pilih Background, dan pada Blending, pilih Multiply !! <–šŸ˜„
Klik OK dan Warna Gambarnya akan lebih tebal 2x lipat (bisa diatur sih persenan nya…)

8. Yang terakhir, pilih Save As. Beri nama, dan pilih format JPEG
Kualitas yang disarankan adalah yang maximum / 10.
Ingat, semakin besar kualitasnya, berarti semakin besar filenya.


9. Taraaa !! Sudah selesai !! Sekarang kalian sudah berhasil menerjemahkan komik sendiri !!

Sebenarnya masih banyak cara-cara yang harus dijelaskan, seperti jika kotak dialognya tidak cukup, dan untuk flashback, dll.. tapi kurasa segini dulu, yang lainnya akan menyusul jika banyak yang tertarikšŸ˜›

(sorry kalau imagenya miring kiri miring kanan… heheheh)šŸ˜€

 

OK !! Selamat Mencoba dan Semoga Beruntung !!

 

 

Posted on Juni 2, 2011, in GBA PC, Pokemon and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. nice gan!! klo cara buat ke file jar gimana gan???

  2. mantap om infonya…
    kebetulan saia baru blajar bkin blog nih…
    mampir balik ya gan…
    480p-animax.blogspot.com

  3. lha trus kalo buat tulisan yang ada di background-nya thu gimana..?

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: