Mari Beternak Pokemon! Bagian 1

Kali ini, saya,  akan mencoba membagikan sedikit pengetahuan tentang beternak Pokemon, atau yang populer dengan istilah breeding, karena yang satu ini memang agak kompleks. Tapi saya bukanlah ahli breeding; jadi mohon maaf atas segala kekurangan dalam artikel ini.

Nah, jadi, apa itu breeding? Breeding alias beternak Pokemon, jadi kita meletakkan 2 Pokemon dengan gender berbeda di tempat bernama Day-care Center, dan suatu saat kita akan mendapatkan telur berisikan Pokemon. Tapi, breeding tidaklah sesimpel itu. Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

1. Egg Group

Nggak semua Pokemon jika diletakkan bersama-sama bakal bisa menghasilkan telur. Hanya 2 Pokemon yang berasal dari Egg Group yang sama yang bisa menghasilkan telur. Sejauh ini, ke-649 Pokemon terbagi ke dalam 14 Egg Group, yaitu Bug, Dragon, Fairy, Flying, Ground, Humanshape, Indeterminate, Mineral, Monster, Plant, Water 1, Water 2, Water 3, dan grup berisikan Pokemon yang memang tidak bisa diternakkan. Waduh, kuat gak ngapalinnya ya?😄

Pokemon dalam satu garis evolusi biasanya memiliki Egg Group yang sama. Misalnya: Pikachu dan Raichu sama-sama berada di grup Ground dan Fairy. Hal ini merupakan pengecualian bagi Baby Pokemon (alias Pokemon Bayi), Shedinja (masuk grup Indetermined), Nidorina, dan Nidoqueen (keduanya masuk No eggs group alias tidak bisa diternakkan).

Gimana cara mengingat Pokemon mana masuk grup mana? Cukup mudah. Lihat saja dari penampilan fisik Pokemon itu. Misalnya, tipe flying sudah pasti masuk grup Flying. Tipe rumput jelas ada di grup Plant. Treecko dan Magikarp masuk grup Dragon karena evolusi terakhir mereka, Sceptile dan Gyarados, bentuknya mirip naga. Sedangkan grup Humanshape dihuni Pokemon yang berwujud menyerupai manusia, semisal Magmar dan Machop. Sama seperti halnya tipe, satu Pokemon dapat termasuk dalam 2 Egg Group sekaligus, contohnya seperti Pikachu tadi (grup Ground/Fairy).

Beberapa pengecualian. Ralts dan keluarganya yang bentuknya memang mirip manusia masuk grup Indeterminate, Trapinch, Vibrava dan Flygon yang tipe naga masuk grup Bug, dan lain sebagainya. Hahaha, intinya kita tetap perlu sedikit menghafal. Tapi tenang saja, Internet selalu memiliki sumber data yang tidak terbatas! Jangan malas browsing!😄

Semua Pokemon Legenda kecuali Manaphy dan Phione, Pokemon yang tidak punya gender, serta Pokemon bayi, tidak bisa diternakkan bahkan dengan Ditto sekalipun. Latias dan Latios memang punya gender, tapi mereka tetap nggak bisa diternakkan. Tapi, lagi-lagi sebuah pengecualian, kali ini untuk Pokemon tergeje, raja dari beternak Pokemon, siapa lagi kalau bukan: Bunga Ditto! Yaps, Ditto bisa dipasangkan dengan Pokemon mana saja kecuali dengan Pokemon yang memang tidak bisa diternakkan di atas.


Nah, sudah menemukan Pokemon yang pas? Sekarang, mari kita perhatikan beberapa poin penting dalam beternak.

  • Telur Pokemon yang dihasilkan adalah bentuk evolusi dasar dari Pokemon betina alias ibunya. Jadi, misalnya kamu mengawinkan Wailord jantan dengan Delcatty betina. Pokemon yang menetas adalah Skitty yang merupakan bentuk evolusi dasar dari Delcatty.
  • Bagaimana kalau kau menggunakan Ditto? Gampang. Telur yang menetas adalah bentuk evolusi dasar dari Pokemon yang bukan Ditto. Contoh, kamu mengawinkan Tyranitar jantan dengan Ditto. Telur akan menetas menjadi Larvitar, bukan telur Ditto.
  • Ditto TIDAK BISA dikawinkan dengan sesama Ditto.
  • Yaps, Manaphy BISA dikawinkan dengan Ditto, yang nantinya akan memberikanmu telur Phione. Tapi, Phione tidak akan bisa berevolusi menjadi Manaphy. Kenapa? Ya karena memang begitu.
  • Phione juga BISA dikawinkan dengan Ditto, ya, hanya dengan Ditto, karena baik Manaphy dan Phione tidak punya gender. Tapi, Phione dan Ditto hanya akan menghasilkan telur-telur Phione lainnya.

Nah! Bagaimana? Sekarang saatnya meletakkan kedua Pokemon di penitipan Daycare. Biasanya, si kakek penjaga Daycare akan berada di luar, siap memberitahukanmu kalau ada telur muncul. Tapi, telur tidak muncul secara otomatis begitu saja! Pokemon juga memiliki tingkat kecocokannya masing-masing. Semakin tidak cocok, semakin sulit untuk memunculkan telur. Si kakek biasanya akan memberikan komentar tentang kedekatan kedua Pokemon-mu jika kamu mengajaknya bicara. Apa saja yang akan dia katakan?

“The two seem to get along very well!”
Kemungkinan untuk mendapatkan telur adalah 70%. Untuk mendapatkan tingkat kecocokan seperti ini, pasangkanlah 2 Pokemon dengan spesies yang sama namun berasal dari Trainer yang berbeda. Contohnya, kamu punya Pikachu jantan, dan kamu mendapatkan Pikachu betina dari temanmu. Jika dipasangkan, keduanya akan cepat menghasilkan telur.

“The two seem to get along”
Kemungkinan untuk mendapatkan telur adalah 50%. Pasangkanlah 2 Pokemon dengan spesies yang sama dan berasal dari Trainer yang sama. Misalnya, Pikachu jantan dan betina yang sama-sama merupakan milikmu. Atau, bisa juga dengan memasangkan Pokemon beda spesies dari satu Egg group yang sama tapi keduanya berasal dari Trainer yang berbeda. Contohnya, Ditto milikmu dengan Kirlia betina dari temanmu.


“The two don’t seem to like each other”
Nah, biasanya di sini sering terjadi kesalahpahaman. Meskipun si kakek berkata demikian, namun masih ada 20% kesempatan untuk mendapatkan telur. Si kakek akan berkata demikian jika yang dipasangkan adalah Pokemon beda spesies dari satu Egg Group yang sama dan berasal dari Trainer yang sama. Misalnya, memasangkan Ditto dan Bagon yang sama-sama milikmu.

 

“The two prefer to play with other Pokémon more than with each other.”
Kalau si kakek bilang begini, barulah kemungkinan untuk mendapatkan telur menjadi 0% alias tidak bisa diternakkan! Yang bisa bikin seperti ini, jika kamu memasangkan Pokemon yang tidak bisa diternakkan seperti Ditto dengan Igglybuff, atau jika kedua Pokemon berasal dari Egg Group yang berbeda, seperti Wurmple dengan Salamence.


Kalau sudah mendapat jawaban yang memastikan kamu bisa mendapat telur, silahkan berjalan keliling-keliling. Setiap 256 langkah, kesempatan mendapat telur akan muncul, dan saatnya menanyakan pada si kakek, apakah sudah ada telur? Jika belum, kembalilah berjalan-jalan sampai telurnya muncul.


Bagaimana? Sudah berhasil mendapatkan telur? Nantinya, telur-telur itu akan menetas dan dapat menjadi entah Pokemon jantan atau betina. Namun, seperti yang kita ketahui bersama, ada beberapa Pokemon yang hanya bisa memiliki 1 gender saja. Dalam hal ini, NidoranM dan Volbeat hanya ada yang jantan saja, sementara NidoranF dan Illumise hanya ada betina saja. Akan tetapi, mereka punya keunikan khusus.

Volbeat dengan Illumise, begitu pula NidoranM dengan NidoranF, merupakan spesies yang berbeda. Namun, apabila kita mengawinkan Volbeat dengan Illumise, 50% kemungkinan telurnya akan menetas sebagai Volbeat, 50% sisanya bisa menetas menjadi Illumise. Hal yang sama juga berlaku apabila kita mengawinkan NidoranM dengan NidoranF.

Mengawinkan 2 Pokemon dari game dengan bahasa yang berbeda akan menaikkan kemungkinan menetasnya Pokemon shiny menjadi 1/2048. Contohnya, mengawinkan Mudkip jantan dari game versi US dengan Mudkip betina dari game versi Jepang. Cara ini disebut juga dengan nama “Masuda’s Method”.

 

Di generasi 2 dan 3, Pokemon yang menetas dari telur sudah level 5. Akan tetapi, mulai generasi 4 sampai sekarang, Pokemon yang menetas dari telur memulai dari level 1.


Bagaimana? Apa sudah jelas? Atau malah makin bingung karena omonganku yang muter-muter?😄 Baiklah, karena segini saja sudah terlalu panjang… akan disambung ke Bagian 2, menjelaskan tentang Egg moves dan tatacara penurunannya! Nantikan!

**sumber**
http://serebii.net
http://bulbapedia.bulbagarden.net

Posted on Juni 2, 2011, in GBA PC, Pokemon and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. dasar najis, jangan asal copas PUNYA GUE!

  2. Kelihatannya anda tidak mengerti bagaimana lisensi Creative Commons Attribution 3.0 Unported. Lisensi itu hanya berlaku atas KARYA SENDIRI, bukan atas karya orang lain. Dan penulis aslinya tidak menyertakan lisensi, berarti, anda harus permisi atau PALING TIDAK MENYEBUTKAN SUMBER. Dan CC-BY (Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.) itu lisensi COPYLEFT, jadi anda tidak mungkin pakai lisensi COPYRIGHT external, yang dimana lisensinya bertentangan dengan CC-BY.

  3. Bagaimana mendapatkan tyrogue dimana

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: