Mari Beternak Pokemon! Bagian 2 (selesai)


Yoo! Apa kabar? Kali ini saya, clubzky, akan melanjutkan artikel seputar breeding Pokemon. Sekarang, kita akan membahas tentang Egg Moves dan pewarisan sifat. Bersiaplah, ini artikel yang *sangat* panjang!

2. Egg Moves

Mungkin ini bagian tersulit untuk dijabarkan? Egg Moves itu adalah jurus yang hanya bisa didapatkan melalui beternak Pokemon, bagi Pokemon tertentu. Jadi, satu jurus yang merupakan Egg Move bagi satu Pokemon mungkin saja bisa dipelajari lewat cara lain bagi Pokemon lain. Salah satu contoh yang populer adalah Volt Tackle. Selain itu, masih ada banyak lagi jurus-jurus yang hanya bisa dipelajari lewat beternak oleh beberapa Pokemon tertentu. Tapi, lagi-lagi, semuanya tidak semudah kelihatannya.

 

Pokemon yang menetas dari telur hasil mengawinkan Pokemon di Daycare bisa mendapatkan Egg Move ini. Syaratnya, si ayah alias Pokemon yang jantan memiliki Egg Move yang dimaksud dan si anak Pokemon bisa mempelajarinya. Lihat contoh ini:

 

Pidove bisa mempelajari jurus Air Slash pada level 32. Emolga, si tupai terbang yang lucu, bisa mempelajari Air Slash sebagai Egg Move-nya. Keduanya ada dalam Egg Group yang sama, jadi kita bisa mengawinkan mereka untuk mendapatkan Emolga yang bisa menggunakan Air Slash. Yang kau butuhkan adalah Pidove jantan yang memiliki jurus Air Slash dan Emolga betina. Lalu bayi Emolga yang menetas nantinya akan memiliki jurus Air Slash. Keren, bukan? Ingat, si ayah harus memiliki jurus yang dimaksud dalam moveset-nya. Jadi meskipun si Pidove jantan itu bisa mempelajari Air Slash, tapi kalau ia tidak punya jurus tersebut dalam moveset-nya, maka semuanya percuma saja.

 

Tapi, tidak semua jurus bisa diteruskan ke anak begitu saja. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam mendapatkan Egg Moves:

 

  • Jika kedua orangtua mengetahui sebuah jurus yang dapat dipelajari anaknya melalui pertumbuhan level, maka anaknya akan memiliki jurus itu sebagai jurus awal yang dimilikinya begitu menetas.Contohnya, Turtwig jantan dikawinkan dengan Servine betina, keduanya sama-sama memiliki jurus Leaf Storm. Kita tahu, telur mereka akan menetas menjadi Snivy, dan Snivy bisa mempelajari Leaf Storm pada level 43. Jadi, Snivy yang menetas nanti akan langsung memiliki jurus Leaf Strom. 
  • Jika ayahnya mengetahui jurus TM/HM yang juga dapat dipelajari anaknya, maka anaknya akan memiliki jurus itu sebagai jurus awal yang dimilikinya begitu menetas.Misalnya, kita pakai Pokemon yang sama dengan contoh sebelumnya, si Turtwig jantan yang dikawinkan dengan Servine betina. Turtwig mempunyai jurus Cut, dan karena anak mereka (Snivy) juga bisa mempelajari Cut, maka si Snivy akan memiliki jurus itu begitu menetas.Akan tetapi, lain lagi dengan kasus yang satu ini. Misalnya, kita mengawinkan Watchog jantan yang punya Hyper Beam (dari TM15) dengan Watchog betina. Apakah Patrat anaknya jadi bisa mempelajari Hyper Beam juga? Jawabannya, TIDAK, karena Patrat TIDAK BISA mempelajari Hyper Beam atau TM15. Cuma Watchog. Jadi, jelas Patrat anaknya tidak akan menetas dengan Hyper Beam.

    Kasus lain. Kita punya Dragonite jantan yang juga punya Hyper Beam (dari TM15) yang dikawinkan dengan Dragonite betina. Dan kita tahu, Dratini bisa mempelajari Hyper Beam lewat pertumbuhan level. Apakah Dratini yang baru menetas bisa mendapatkan Hyper Beam juga? Jawabannya juga TIDAK BISA, kenapa? Karena Dratini TIDAK BISA mempelajari Hyper Beam lewat TM, hanya lewat pertumbuhan level, jadi pewarisan Egg Move melalui TM seperti di poin ini tidak berlaku. Akan tetapi, jika KEDUA orang tuanya diberi TM15, maka Dratini akan terlahir dengan Hyper Beam, karena poin yang berlaku adalah poin yang telah dibahas sebelumnya.

  • Jika ayahnya mengetahui jurus yang hanya dapat dipelajari oleh anaknya sebagai Egg Move, maka anaknya akan memiliki jurus itu begitu menetas.Contohnya, seperti kasus Pidove dan Emolga yang sebelumnya. 
  • Semua Pokemon yang baru menetas akan memiliki setidaknya satu jurus, yang dalam Pokedex online (semisal Serebii atau Bulbapedia) akan ditulis di samping “Start” atau “–”. Dan maksimal jumlah jurus yang dapat dipelajari Pokemon adalah 4. Akan tetapi, jika Pokemon tersebut ternyata dapat mempelajari lebih dari 4 jurus begitu menetas, maka jurus yang paling pertama dicantumkan dalam Pokedex akan terhapus secara otomatis. Bingung kan? Iya kan?  Saya juga bingung nulisnya😄 Gini lho maksudnya:Misalnya: Joltik, si kutu mini, dalam keadaan biasa tanpa ada penurunan Egg Moves dari ortunya, akan menetas dengan 3 jurus, urutannya: String Shot, Leech Life, Spider Web. Sekarang kita andaikan, ada Galvantula jantan dan betina yang dikawinkan. Keduanya memiliki jurus Bug Buzz, yang dapat dipelajari Joltik melalui pertumbuhan level, maka nanti Joltik akan menetas dengan 4 jurus, String Shot, Leech Life, Spider Web plus Bug Buzz.
    Nah, ternyata si ayah juga punya Light Screen, jurus yang dipelajari lewat TM. Dan karena Joltik juga bisa belajar Light Screen, maka nanti ia akan menetas dengan jurus itu. Nah, sekarang si Joltik punya 5 jurus yang bisa ia dapatkan langsung begitu menetas. Hei, itu jelas kelebihan! Maka salah satu jurus akan otomatis terhapus. Dan karena urutan berdasarkan Pokedex online (di Serebii, tapi di mana-mana sama saja) mencantumkan String Shot paling pertama, maka String Shot akan otomatis terhapus. Jadinya, Joltik akan menetas dengan 4 jurus: Leech Life, Spider Web, Bug Buzz, dan Light Screen.


    (maaf gambarnya kebesaran )

  • Karena satu Pokemon hanya mendapat turunan Egg Move dari satu Pokemon induk, Pokemon itu tidak bisa mempelajari 2 atau lebih Egg Move yang masing-masing berasal dari induk yang berbeda spesies. Contohnya, Elekid bisa mempelajari Barrier dan Cross Chop sebagai Egg Move. Namun Elekid tidak dapat mempelajari keduanya sekaligus, karena Barrier hanya didapat dari Mr. Mime dan Cross Chop hanya dari keluarga Machop. Sedangkan Mr. Mime tidak bisa mempelajari Cross Chop dan keluarga Machop tidak ada yang bisa mempelajari Barrier. 
  • Sekali breed, satu Pokemon bisa saja meneruskan lebih dari 1 Egg Move, jika Pokemon anakannya bisa mempelajari semua jurus itu sebagai Egg Move. Contohnya, kita punya Chikorita jantan dengan jurus Sweet Scent dan Magical Leaf, yang dikawinkan dengan Servine betina. Kita tahu, Snivy yang akan menetas bisa mempelajari Sweet Scent dan Magical Leaf sekaligus sebagai Egg Move, maka nanti jika menetas ia akan memiliki kedua jurus itu sekaligus. 
  • Beberapa pre-evolusi bisa mempelajari Egg Move yang tidak bisa ia dapatkan sebagai Egg Move jika terlahir dalam bentuk sesudah evolusinya. Begini, nih! Jadi kita punya Slowbro jantan dengan jurus Zen Headbutt, dikawinkan Snorlax betina. Normalnya, telur akan menetas menjadi bayi Snorlax (wow!). Tapi, bayi Snorlax tidak bisa mempelajari Zen Headbutt sebagai Egg Move. Nah, bagaimana caranya jika menginginkan Snorlax dengan Zen Headbutt? Berikanlah Full Incense pada Snorlax betina, maka bayi yang menetas bukanlah bayi Snorlax tapi bayi Munchlax (selengkapnya baca bagian Pokemon Bayi). Munchlax bisa mempelajari Zen Headbutt sebagai Egg Move, jadi, jika dievolusikan, kita bisa punya Snorlax dengan Zen Headbutt. Yay! 
  • Volt Tackle, Egg Move paling terkenal itu, punya cara unik tersendiri untuk didapatkan. Kita bisa mendapatkan Pichu dengan Volt Tackle jika kita memberikan item Light Ball ke Pikachu/Raichu betina dan mengawinkannya dengan Pokemon jantan manapun dari grup Ground dan Fairy.Atau, jika menggunakan Ditto, berikan Light Ball ke Pikachu atau Raichu dengan gender apapun. 
  • Adakalanya kita kesulitan mendapatkan Egg Move yang diinginkan, untuk diturunkan pada Pokemon anak. Terkadang di game generasi kelima, tidak ada Move Tutor atau TM yang bisa digunakan untuk mewariskan Egg Move yang diinginkan pada anak. Ingat! Masih ada Generasi ke-4! Kamu bisa mengajarkan jurus yang diinginkan pada Pokemon jantan di game generasi ke-4, mentransfernya ke generasi 5, lalu breeding.

Bagaimana? Sudah paham tentang Egg Moves? Jika sudah, maka menerapkan Chain Breeding pun tidak akan sulit.

 

Tapi apa itu Chain Breeding?

 

Chain Breeding (perkawinan berantai? o.oa) adalah meneruskan Egg Move ke satu Pokemon yang bisa mempelajarinya, lalu Pokemon anakan itu dikawinkan lagi dengan Pokemon lain yang bisa mempelajari Egg Move tersebut namun tidak bisa dikawinkan dengan Pokemon asal pemilik Egg Move. Bingung? Gini nih:

 

Jadi, kita kepengen Larvitar dengan Outrage. Salah satu Pokemon yang bisa meneruskan Outrage adalah Dragonite. Tapi keluarga Larvitar enggak bisa dikawinkan dengan Dragonite, karena mereka beda Egg Group. Lalu gimana caranya? Jangan gantung diri dulu. Kita bisa mengawinkan Dragonite dengan Pokemon lain yang bisa mempelajari Outrage sebagai Egg Move dan bisa dikawinkan dengan keluarga Larvitar, contohnya, Charizard. Jadi Charizard betina dikawinkan dengan Dragonite jantan, akan menghasilkan Charmander dengan Outrage. Tetaskan telur-telurnya hingga kita mendapatkan Charmander jantan dengan Outrage. Lalu Charmander tersebut dikawinkan lagi dengan Larvitar betina, maka hasilnya adalah: Larvitar dengan Outrage!

 

Itu baru satu contoh. Masih banyaaaak lagi rantai-rantai Egg Move yang lebih panjang.

 

Dan seperti halnya Ditto adalah raja dalam beternak Pokemon, di dalam Chain Breeding, kita juga punya ‘raja’nya: si anjing pelukis, Smeargle.

 

Kenapa Smeargle?

 

Karena Smeargle punya sebuah jurus yang sangat keren bernama Sketch, sebuah jurus yang memungkinkannya untuk mempelajari semua jurus di dunia Pokemon, dan kerennya lagi, ia termasuk dalam Egg Group Ground, yang notabene merupakan Egg Group dengan anggota terbanyak. Artinya, semua Smeargle jantan bisa menurunkan banyak Egg Move ke banyak Pokemon! Tapi, ya, tentu saja kalau Pokemon yang bersangkutan bisa mempelajari jurus yang dibawa Smeargle. Caranya sama saja seperti contoh chain breeding Outrage di atas. Kita hanya perlu Smeargle melakukan Sketch terhadap jurus yang diinginkan, dan voila!

 

Contoh bagan Egg Move Charge Beam (gunakan Sketch pada Pokemon yang sedang menggunakan Charge Beam) [diambil dan dimodifikasi dari guide TM Breeding by LightSpecter]

 

Bagaimana? Tidak terlalu sulit, kan? Tapi, chain breeding memang sangat butuh kesabaran untuk mendapatkan jurus yang diinginkan.

 

Baiklah, sepertinya segitu saja soal Egg Move. Sekarang, langsung saja kita lanjutkan dengan… pelajaran Biologi tentang pewarisan sifat… #plak

 

3. Pewarisan Sifat

Iya, aku nggak tahu lagi bagian ini mau disebut apa . Di sini, kita akan mempelajari bagaimana mewariskan nature, Individual Value (IV), dan ability Dream World. Seharusnya, bab ini menjadi bab yang paling simpel, akan tetapi, semenjak Reshiram dan Zekrom menguasai Unova (?), perubahan telah terjadi dan membuat bab ini menjadi bab yang rumit… lumayan.

 

a) Pewarisan nature

 Pasti tahu nature, kan? Kayak Adamant, Modest, Calm, Quirky, dan kawan-kawan. Terkadang kita ingin mendapatkan Pokemon tertentu dengan nature tertentu, namun hanya dengan menangkapnya di alam liar tentu saja sulit. Di sinilah breeding akan memudahkan pencarianmu!

Sejak era Pokemon Emerald, yang lalu berubah pada era HG/SS, berlaku sebuah hukum: Jika kamu memberikan item Everstone kepada Pokemon yang mana saja, maka akan ada kemungkinan 50% untuk anaknya mendapatkan nature yang sama dengan si pemegang Everstone.


Ya, Pokemon mana saja, entah itu jantan atau betina, jika diberikan Everstone, maka akan ada kesempatan 50% untuk mewariskan nature-nya pada anaknya.


Contohnya, kamu punya Corsola jantan dan Palpitoad betina. Palpitoad ini nature-nya Modest, sedangkan Corsola nature-nya Timid. Jika kamu berikan Everstone ke Palpitoad, maka 50% kemungkinan Tympole yang lahir punya nature Modest. Tapi jika kamu berikan ke Corsola, 50% kemungkinan yang menetas adalah Tympole Timid. Sedangkan jika keduanya memegang Everstone, nature salah satu orangtua akan diwariskan pada anaknya (persentase masih belum diketahui). Berlaku juga dengan Ditto.

Pewarisan nature seperti ini tidak bisa dilakukan bersamaan dengan penerapan Masuda’s Method (orangtua berasal dari game yang berbeda bahasa). Untuk penjelasan tentang metode ini, sudah dijelaskan di artikel sebelumnya.

b) Pewarisan Individual Value (IV)

Perubahan pada generasi 5 juga sampai di sini. Bahkan berdampak sangat besar. Sistem pewarisan IV pada generasi 4 cukup simpel, namun sekarang… mendadak membuatku tidak ngerti apa-apa. =A=”


Pewarisan IV ini sudah diperkenalkan mulai dari zaman Hati Emas dan Jiwa Perak, HG/SS. Namun, terjadi perubahan yang cukup signifikan di B/W. Semua IV milik orangtua punya kesempatan untuk diwariskan pada anaknya. Inilah penjabarannya.

Jadi misalnya, kita punya Snubbul jantan dan Pikachu betina. Tanpa ada pemberian item apapun, Pichu yang menetas akan mewarisi 3 IV dari ke-6 stat orangtuanya dengan kemungkinan sebagai berikut:

  • 25% kemungkinan mewarisi 3 IV dari Snubbul, dan tidak mewarisi apapun dari Pikachu.
  • 25% kemungkinan mewarisi 2 IV dari Snubbul, dan mewarisi 1 IV dari Pikachu.
  • 25% kemungkinan mewarisi 1 IV dari Snubbul dan 2 dari Pikachu.
  • 25% kemungkinan tidak mewarisi apapun dari Snubbul tapi mewarisi 3 IV dari Pikachu.

Ya, hanya 3 yang akan diwarisi dari orangtuanya. Sisa 3 lainnya acak.


Sekarang… Apa ada yang tahu tentang item Power Anklet, Power Band, Power Belt, Power Bracer, Power Lens dan Power Weight? Dalam keadaan biasa, item-item tersebut akan menambahkan +4 poin Effort Value (EV) pada stat tertentu tergantung itemnya, setiap kamu habis mengalahkan Pokemon. Perlu penjelasan?

 

Misalnya item Power Bracer yang menambahkan 4 EV untuk Attack. Jika Pokemon-mu diberi item ini, kemudian mengalahkan Starly (Starly memberikan 1 poin EV untuk Speed), maka Pokemonmu akan mendapatkan 1 poin EV di Speed, dan juga 4 EV di Attack dari Power Bracer. Mengalahkan Machamp yang memberikan 3 EV di Attack, maka Pokemonmu mendapat 7 EV Attack sekali pukul. Jika Pokemon-mu itu punya Pokerus (melipatgandakan poin EV yang diterima), maka sekali mengalahkan Machamp akan mendapatkan: 7 x 2 = 14 EV Attack. Mantap kuadrat.

 

Tapi di dunia breeding, fungsi mereka berubah. Jika kamu berikan salah satu item tersebut kepada Pokemon baik yang jantan atau betina, maka IV dari Pokemon itu akan diwariskan pada anaknya.

Berikut adalah daftar Power item dan stat mana yang akan dipengaruhinya.

Power Weight – HP

Power Bracer – Attack

Power Belt – Defense

Power Lens – Special Attack

Power Band – Special Defense

Power Anklet – Speed


Contoh penggunaan dalam breeding:

Snubbul jantan punya nilai IV Special Attack sebesar 29, dan Pikachu betina punya nilai IV Speed sebesar 31. Sekarang, berikan Power item  pada salah satu orangtuanya. Misalnya, kita berikan Power Anklet pada Pikachu untuk mewariskan IV Speed miliknya. Letakkan di Daycare, dan lahirlah Pichu dengan IV Speed sebesar 31. Selalu.

Contoh kedua. Kali ini Power item diberikan pada kedua orangtuanya. Snubbul diberi Power Lens dan Power Anklet tetap pada Pikachu. Maka Pichu akan menetas dengan…

  • 50% kemungkinan mewarisi IV Special Attack dari Snubbul TAPI TIDAK mewarisi IV Speed dari Pikachu.
  • 50% kemungkinan mewarisi IV Speed dari Pikachu TAPI TIDAK mewarisi IV Special Attack dari Snubbul.

Kesimpulannya, memberikan Power item yang berbeda pada kedua orang tua Pokemon itu tidak ada gunanya. Harus pilih salah satu saja yang mau diteruskan.

Tunggu, kerumitannya belum selesai sampai di sini.

Dengan mengkombinasikan pewarisan IV secara natural dan penggunaan Power item, kita bisa mewariskan 3 IV milik orangtua pada anak, 2 diantaranya dipilih secara acak, dan 1 sisanya sudah ditentukan dari pemberian Power item. Namun perlu diingat, jika IV dari stat tertentu dari Pokemon A, misalnya, sudah dipilih untuk diwariskan pada anaknya, maka IV dari stat yang sama dari Pokemon B tidak akan diwariskan pada anaknya.

Bingung kan? Hehehe~

Misalnya begini. Kamu mengawinkan Beedrill betina dan Heracross jantan. Keduanya memiliki nilai IV yang saling berbeda pada semua stat-nya. Tanpa pemberian Power item, jadi ada 12 kemungkinan nilai IV yang akan diturunkan pada anaknya (6 stat milik ibu + 6 stat milik ayah = 12 kemungkinan), dan ada 3 IV yang dipilih secara acak untuk diwariskan pada anaknya. Bisa saja IV HP, Attack, dan Speed dari Beedrill, atau IV HP dan Attack dari Beedrill dan IV Speed dari Heracross, dst.

 

Tapi, jika misalnya, IV HP dan Attack dari Beedrill-lah yang diwariskan pada anaknya, maka tidak akan mungkin untuk mewariskan IV HP atau Attack dari Heracross. Hanya salah satu yang akan diwariskan.

Sekarang, dengan penggunaan Power Item. Misalnya, kamu memberikan Power Belt (mewariskan Defense IV) pada Beedrill. Defense IV anaknya akan 100%, selalu sama dengan Defense IV Beedrill, dan sudah tidak mungkin lagi bagi anaknya untuk mewarisi Defense IV dari Heracross. Sisa yang 2 lagi ditentukan secara acak, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Yah… bagian ini memang rumit sekali… banyak ngomongin soal probabilitas dll dsj dst dkk =A=” (stres sendiri). Ehm, jadi, saya tidak akan membahas lebih jauh soal kemungkinan-kemungkinan mewarisi IV tertentu, karena saya sendiri juga pusing Kalau mau bikin hitung-hitungan sendiri, pakai saja poin-poin dasar seperti yang sudah dijelaskan ya, hehehe #dilemparbotolsaos#

Jadi intinya, kalau mau mendapatkan Pokemon anak yang IV-nya bagus, orangtuanya juga harus punya IV yang bagus-bagus!

c) Pewarisan ability Dream World

Sudah pada tahu Dream World (DW), kan? Fitur yang diperkenalkan di Monochrome Generation, Black & White ini, memungkinkan kita untuk mendapatkan Pokemon dengan ability baru yang disebut juga Dream World ability. Misalnya saja, Chandelure dengan Shadow Tag, Ho-Oh dengan Regenerator, dan lain-lain.

 

Dan ternyata, tidaklah mustahil untuk melakukan breeding dan mendapatkan Pokemon dengan Dream World ability, bahkan meskipun ia tidak berasal dari Dream World! Penjelasannya:

 

  • Jika Pokemon betina memiliki ability DW dikawinkan dengan Pokemon jantan yang bukan dari DW, kemungkinan anaknya bisa memiliki ability DW. Misalnya, Gardevoir betina dengan ability Telepathy (DW) dikawinkan dengan Gallade Steadfast (bukan DW), maka ada kemungkinan Ralts yang lahir punya ability Telepathy. Kemungkinannya 40%.
  • Jika kedua orangtuanya memiliki ability DW, anaknya juga punya kemungkinan untuk memiliki ability DW. Kemungkinannya mungkin lebih tinggi? Soalnya sejauh ini belum ada keterangan pasti soal kemungkinan yang satu ini.
  • Tapi, jika Pokemon jantan pemilik ability DW dikawinkan dengan Pokemon betina yang bukan DW, anaknya tidak akan bisa mempunyai ability DW. Apalagi kalau kedua orangtuanya tidak punya ability DW! Jelas nggak bisa.
  • TIDAK BISA mewariskan ability DW menggunakan Ditto! Jadi kita tidak akan bisa mendapatkan telur Pokemon dengan ability DW dari Pokemon tanpa gender macam Klink Klang Klinklang dkk.

Berikut adalah “rumus” sederhana tentang pewarisan ability DW.

Jadi intinya… dalam pewarisan ability DW, yang berperan penting adalah Pokemon betina! Dan jangan khawatir soal spesies. “Dream World Breeding” sama saja dengan breeding biasa, hanya saja yang membedakan di sini adalah, Pokemon betina bisa mewariskan ability DW pada anaknya.


4. Tambahan: Daftar “Baby Pokemon”

Masih bingung sama apa itu Baby Pokemon, yang mana aja, dan bagaimana mendapatkannya? Tenang, ini dia daftarnya:

 

  1. Pichu = Pikachu/Raichu betina + Pokemon dari Egg Group Ground/Fairy/Ditto
  2. Cleffa = Clefairy/Clefable betina + Pokemon dari Egg Group Fairy/Ditto
  3. Igglybuff = Jigglypuff/Wigglytuff betina + Pokemon dari Egg Group Fairy/Ditto
  4. Tyrogue = Hitmonchan/Hitmonlee/Hitmontop betina + Pokemon dari Egg Group Humanshape/Ditto
  5. Smoochum = Jynx + Pokemon dari Egg Group Humanshape/Ditto
  6. Elekid = Electabuzz/Electivire betina + Pokemon dari Egg Group Humanshape/Ditto
  7. Magby = Magmar/Magmortar betina + Pokemon dari Egg Group Humanshape/Ditto
  8. Azurill = Marill/Azumarill betina dengan Sea Incense + Pokemon dari Egg Group Water 1/Fairy/Ditto
  9. Wynaut = Wobbuffet betina dengan Lax Incense + Pokemon dari Egg Group Indetermine/Ditto
  10. Budew = Roselia/Roserade betina dengan Rose Incense + Pokemon dari Egg Group Fairy/Plant/Ditto
  11. Chingling = Chimeco betina dengan Pure Incense + Pokemon dari Egg Group Indetermine/Ditto
  12. Bonsly = Sudowoodo betina dengan Rock Incense + Pokemon dari Egg Group Mineral/Ditto
  13. Mime Jr. = Mr. Mime betina (Mrs. Mime dong? XD) dengan Odd Incense + Pokemon dari Egg Group Humanshape/Ditto
  14. Happiny = Chansey/Blissey dengan Luck Incense + Pokemon dari Egg Group Fairy/Ditto
  15. Munchlax = Snorlax betina dengan Full Incense + Pokemon dari Egg Group Monster/Ditto
  16. Mantyke = Mantine betina dengan Wave Incense + Pokemon dari Egg Group Water 1/Ditto

 

Sebenarnya Phione juga termasuk Pokemon Bayi, tapi kenyataannya dia bisa dikawinkan dengan Ditto… jadi? o.oa


Catatan untuk Pokemon bayi yang membutuhkan item Incense. Jika orangtuanya tidak diberikan item Incense, maka telur akan menetas menjadi bentuk evolusi yang setingkat setelah si bayi. Contohnya,  mengawinkan Azumarill jantan dan betina, tapi yang betina tidak diberi Sea Incense, maka yang lahir adalah Marill, bukan Azurill. Jika membiakkan Mantine tanpa Wave Incense, telur akan menetas sebagai Mantine. Begitu juga yang lainnya.


Nah… rasanya ini udah semua tentang breeding. Sisanya hal-hal yang sudah umum diketahui, seperti meletakkan Pokemon dengan Flame Body/Magma Armor di slot party paling depan yang mempercepat penetasan telur, dll. Mungkin kalau ada hal baru, aku bakal tambahin lagi… Maaf kalau ada informasi yang mungkin *sangat* kurang atau penggunaan kata-kata yang kurang berkenan. Happy breeding!

 

**sumber**

http://www.smogon.com/forums/showthread.php?t=85699 <–thread yang sukses bikin aku pusing dan mengubah 50% isi artikel ini😄

GameFAQs, Serebiiforums, dan berbagai forum lain yang kutemukan di Internet.

Posted on Juni 2, 2011, in GBA PC, Pokemon and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Apa gak malu copas artikel orang terus diklaim sebagai buatan sendiri?

  2. berani2nya lo copas artikel PUNYA GUE! namanya sengaja diganti lagi! MATI AJA LU!

  3. ente copas gan?
    ane dah pernah baca nih

  4. terus jurus cross chop?

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: