Trik Mendapatkan Banyak Eksternal Link

Eksternal link merupakan cara ampuh meningkatkan visibilitas blog kita di mesin pencari. Dengan kata lain, eksternal link tersebut adalah terowongan yang terlihat (visible) menuju ke blog kita saat “laba-laba” Google menggerayangi blog/web yang me-link ke blog kita. Sebagai informasi, penggerayangan ini untuk mendata semua aspek blog kita dan disimpan dalam index mesin pencari. Dengan terowongan itu, otomatis si laba-laba tadi akan menggerayangi blog kita juga.

Logikanya, semakin banyak eksternal link kita, semakin cepat juga blog kita digerayangi laba-laba Google. Hasilnya, blog kita akan dinilai “penting” oleh mesin pencari. Semakin penting blog kita,  page rankblog kita juga akan meningkat (ini menurut para ahli lho). Selain itu, bila blog kita dikategorikan “penting”, maka peluang menjadi nomor satu di mesin pencari lebih besar.

Nah, blog saya juga bisa dibilang “penting” walaupun page rank-nya masih 0. Terbukti blog anda akan menjadi peringkat 1 di search engine melalui berbagai kata kunci. Oleh karena itu, buruan tukaran link dengan saya di halaman Tukaran Link, agar laba-laba Google otomastis menggerayangi blog Anda juga saat dia menggerayangi blog saya. Make sense?

Terlepas dari hal itu, trik-trik mendapatkan eksternal link di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan eksternal link sebanyak-banyaknya.

  • Lakukan blogwalking (jalan-jalan ke blog orang lain). Lihat blog tersebut, apakah menyediakan tukaran link atau tidak. Bila blog itu menyediakan tukaran link yang dicirikan oleh blogroll, blog teman, atau halaman tukaran link, ikuti cara tukaran link dengan blog tersebut.
  • Bila tidak ada keterangan, beri komentar di salah satu postingan terbarunya. Lalu Anda tawarkan tukaran link secara santun dengan cara menaruh link blog tersebut di blog Anda terlebih dahulu. Contoh template komentar adalah sebagai berikut:

“…….(komentar Anda tentang postingan itu). Btw, boleh tukaran link gak? Kalau boleh, saya sudah me-link blog Anda di blog saya. Silakan di cek di http://namabloganda.xxx.com atau www.namabloganda.com [sebutkan link tempat anda menaruh URL blog tersebut]. Ditunggu link baliknya ya dengan teks Nama Anda atau yang lainnya.

  •  Cek 1-3 hari kemudian, apakah blog tersebut sudah link balik atau belum. Bila belum, tanyakan kenapa blog anda belum di back link oleh blog tsb dengan memberi komentar di blog bersangkutan.
  • Bila dalam seminggu blog tersebut belum merespon penawaran tukaran link Anda, ada baiknya hapus link blog tersebut di blog Anda karena ini akan merugikan Anda.
  • Cari situs yang menawarkan add URL secara gratis. Misalnya: Blogger Forum, Blog Catalog, Blogarama, dan lain-lain.
  • Jangan sembarangan bertukaran link. Teliti blog tersebut apakah blog dilarang, masih aktif, dll. Salah satu cara melihat keaktifan blog tsb adalah melihat postingan atau komentar terakhir. Bila komentar atau postingan terakhirnya itu 6 bulan yang lalu, sebaiknya Anda jangan bertukar link. Makanya, bila blog Anda tidak ingin disebut blog tidak aktif oleh pengunjung Anda, maka mau tak mau Anda harus up date terus blog Anda dengan membuat postingan secara kontinyu.
  • Dapatkan 1-way link (web lain me-link ke blog Anda namun Anda tidak me-link kembali ke website tersebut). Caranya dengan membuat artikel (tulisan) yang berkaitan dengan topik blog Anda. Kirim artikel tersebut ke article directories. Ikuti panduan pengiriman artikel di website tersebut. Jangan lupa, dii footer tulisan itu, tuliskan alamat (URL) blog Anda agar pembaca artikel itu bisa mengunjungi blog Anda bila tertarik dengan tulisan anda yang lain. Salah satu article directories adalah http://www.pro-marketing-online.com/submit-articles.html

Posted on Juni 14, 2011, in blog, SEO, trick wordpress and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Apa yang Anda pikirkan?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: